Kamis, 24 Januari 2013

trik mudah dalam presentasi


Assalamuallaikum Wr.Wb.

Salam hangat untuk sobat ginto semua, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sesuatu mengenai presentasi. Mungkin sudah umum bagi para mahasiswa mengenai apa itu presentasi, dari itu saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut tentang definisi dari presentasi.

Presentasi dikalangan sebagian mahasiswa identik dengan momok yang menakutkkan, tapi sadar atau tidak bahwa presentasi adalah salah satu metode untuk melatih mental kita berbicara didepan khalayak, khususnya bagi para mahasiswa yang rendah komunikasinya. Disini saya mempunyai beberapa trik yang dapat dipakai untuk mengurangi kecenderungan takut akan presentasi, yang mana trik ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi selama menjadi mahasiswa.
Berikut adalah beberapa triknya:
  • Baca Basmallah.
  • Pelajarilah bahan anda minimal sehari sebelum presentasi diadakan.
  • Buatlah catatan kecil (kalau diperbolehkan) mengenai sub pokok dari materi yang ingin anda bawakan.
  • Perbanyak minum air putih minimal 4 menit sebelum giliran anda mulai, karena diyakini air putih dapat membuat seseorang rileks dari berbagai tekanan.
  • Usahakan pandangan anda tetap fokus keaudien, tetapi jangan terlalu fokus kesatu audience saja.
  • Selipkan humor pada presentasi anda agar para audien tidak cepat boring mendengar celoteh anda.
  • Aturlah ritme anda dalam penyampaian materi, usahakan jangan terlalu cepat tapi slow saja.
  • Terakhir ucapkan Hamdallah karena saya yakin anda pasti sukses.
Demikian sedikit trik mengenai presentasi, semoga setelah membaca tulisan ini ada sedikit pencerahan dan juga ada manfaatnya bagi pembaca blog saya, Amin.


Penulis : Ginto

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya