Kamis, 24 Januari 2013

tongklek yang terlupakan

Pernahkah anda mendengar kata tongklek??? mungkin sedikit diantara kita atau bangsa ini khususnya yang mengenal secara gamblang apa itu tongklek.

Tongklek adalah salah satu dari budaya indonesia, yang kegiatanya biasa dilakukan pada bulan ramadhan yang tujuan dari kegiatannya  adalah mengingatkan waktu sahur bagi yang berpuasa. Peralatan yang digunakan untuk memainkan tongklek biasanya bervariasi tetapi peralatan utama yang digunakan adalah "tontongan" (dalam bahasa jawa), yang bahanya terbuat dari pohon bambu. Untuk memainkan peralatan tongklek ini dibutuhkan minimal 3 orang pemain dan selebihnya tidak terbatas, dengan perkembangan zaman yang serba cangih seperti sekarang menambah pula keenganan masyarakat untuk sekedar mengenal tradisi tongklek ini, padahal kalau kita mau jujur tongklek merupakan khasanah budaya negeri ini yang perlu mendapatkan perhatian serius agar keberadaanya masih tetap terjaga.

Didesa kowang kecamatan semanding kabupaten tuban tepatnya tradisi tongklek ini masih tetap terjaga dan terpelihara. Tiap tahun tradisi ini diperlombakan, biasanya waktu penyelengaraanya dilakukan pada malam ke 25 dibulan ramadhan.


Penulis : Ginto

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya